Panduan Memilih Mesin Jilid

Mencari artikel cara memilih mesin jilid? Anda berada di tempat yang tepat.

Mesin Jilid merupakan alat yang digunakan untuk menjilid lembaran-lembaran kertas yang sejening untuk menjadi sebuah buku-buku dan sebagainya. Dan menjilid sendiri merupakan kegiatan menyusun atau menyatukan beberapa lembar kertas untuk dibentuk menjadi satu buah buku yang rapi sehingga mudah digunakan dan disimpan.

Panduan memilih mesin jilid ini dirancang khusus untuk membantu Anda yang belum mengetahui secara detail apa itu Mesin Jilid. Dengan menggunakan panduan ini, tentunya akan sangat membantu Anda untuk dapat menemukan produk yang Anda inginkan secara tepat.

Berikut panduan memilih Mesin Jilid kotakpensil.com :

1. Jenis – jenis mesin jilid

Jenis mesin jilid yang akan Anda baca berikut ini memang tidak harus dimiliki semuanya. Anda bisa memilih beberapa yang paling penting untuk melengkapi kebutuhan di kantor. Setidaknya ada beberapa jenis mesin jilid yang bisa Anda pilih, yaitu:

a. Mesin Jilid Spiral Kawat

Mesin jilid Spiral Kawat merupakan mesin jlid yang menggunakan spiral kawat yang dapat membuat dokumen yang dijilid memiliki penampilan yang terlihat lebih rapi dan profesional kelebihan lain dari menjilid dengan spiral kawat yatu bisa dibuka dengan sempurna tanpa takut bagian buku sober atau terlepas.

Kekurang dari mesin jilid spiral kawat ini yaitu harganya yang relatif mahal dan perlu mempelajari mesin dengan baik. Spiral kawat juga susah dibuka kembali jika sudah dijilid, jadi jika Anda ingin menambah kertas, Anda harus merusak spiral kawar tersebut.

Related: Mesin Jilid Spiral Kawat Double (2:1 dan 3:1)

b. Mesin Jilid Spiral Plastik

Mesin jilid Spiral Plastik merupakan mesin jlid yang menggunakan spiral plastik yang memiliki harga lebih murah jika dibandingkan deng spiral kawat. Dengan spiral plastik dapat menjilid langsung sampai 450 lembar dan mudah dikurangi ataupun ditambah tanpa merusak spiral.

Kekurangan dengan menjilid menggunakan spiral plastik yaitu terkesan biasa dan tidak terlalu awet jika dibandingkan dengan spiral kawat.

Related: Mesin Jilid Spiral Plastik dan Kawat

c. Mesin Jilid Lem

Mesin Jilid Buku Lem Panas INNOVATEC F4

Mesin Jilid Lem merupakan jenis mesin jilid yang paling sering digunakan, dimana kertas-kertas dijadikan satu dengan menggunakan lem yang bersuhu panas. Dengan menggunakan mesin jilid lem dalam satu jamnya bisa menghasilkan 160 buah buku. Namun untuk pemanasan awal akan memakan waktu sekitar 10 sampai 30 menit agar lem tersebut dapat benar-benar panas.

Related: Mesin Jilid Hard Cover

2. Ukuran kertas 

Bagi Anda yang ingin menggunakan Mesin Jilid, alangkah baiknya Anda mengetahui ukuran kertas dan jangan sampai Anda membeli mesin yang salah karena tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mesin binding mempunyai beberapa ukuran, seperti; A4, F4 dan A3. Untuk ukuran A3 Anda bisa menggunakan mesin jilid ukuran A4, oppsss .. tapi jangan sampai salah ya, karena tidak semua ukuran F4 bisa digunakan untuk ukuran A3.

Gunakan Filter untuk memudahkan Anda dalam memilih mesin jilid dengan ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Hasil Lubang 

Mesin binding mempunyai hasil lubang kotak, bulat dan persegi panjang. Untuk lubang kotak dan bulat hanya terdapat di Mesin jilid spiral kawat, sedangkan untuk lubang persegi panjang terdapat di Mesin jilid spiral plastik.

4. Pitch Mesin Jilid

Pitch Mesin Jilid merupakan jarak antar lubang ke lubang lainnya. Pitch terbagi menjadi 2, yaitu;

a. Mesin Jilid Spiral Kawat 3:1 = Untuk jarak lebih dekat dan hasil lubangnya pun lebih kecil.
b. Mesin Jilid Spiral Kawat 2:1 =Untuk jarak lebih jauh dan hasil lubangnya pun lebih besar. Kapasitas jilid untuk pitch 3:1 yaitu 10 lembar – 25 lembar, sedangkan pitch 2:1 kapasitas jilidnya yaitu 125 lembar – 220 lembar. Jika Anda ingin menggunakan keduanya, Anda bisa menggunakna Mesin Jilid Spiral Kawat Double.

Related: Mesin Jilid Spiral Kawat Double (2:1 dan 3:1)

5. Pengaturan Lubang

Tidak semua mesin jilid mempunyai pengaturan lubang, ada mesin yang lubangnya dapat di atur dan ada juga yang tidak dapat diatur. Jadi jika ada beberapa cara lubang yang tidak ingin dilubangi Anda tinggal menarik sedikit pada bagian pelubangan mesin jilid.

Toko Paling Aman untuk beli Mesin Jilid

Kotakpensil.com

Kotakpensil.com menjual berbagai macam jenis Mesin Jilid dan tidak perlu khawatir karena :

  • Kotakpensil.com adalah spesialis kategori Mesin Jilid
  • Bisa PPN (hubungi cs kami untuk faktur pajak)
  • Garansi Resmi 1 Tahun
  • Tersedia after sales service (khusus pelanggan Kotakpensil)

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Free Ongkir*, Free Pemasangan* Atau Pertanyaan Apapun