Pengertian Rak Gudang

Dalam sebuah gudang tidak akan lengkap tanpa adanya rak yang menjadi elemen penting dan harus ada di dalam sebuah gudang. Lalu apa yang dimaksud rak gudang? Berikut adalah penjelasan tentang pengertian rak gudang.

Apa itu Rak Gudang?

Rak Serba Guna KOZURE GS-10
Rak Serba Guna KOZURE GS-10

Rak Gudang merupakan jenis rak yang khusus digunakan di gudang atau pusat distribusi. Rak ini digunakan untuk menyimpan berbagai jenis barang dalam jumlah besar dan biasanya digunakan untuk memaksimalkan penggunaan ruang vertikal dan horizontal digudang.

Rak gudang memberikan kemudahan dalam menyimpanan barang dengan mengoptimalkan penggunaan ruang, meningkatkan aksesibilitas dan meningkatkan efektivitas operasional di gudang. Rak penyimpanan pada gudang hadir dalam berbagai jenis, tergantung pada kebutuhan penyimpanan.

Fungsi Rak Gudang

Rak gudang memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting untuk efisiensi opersional gudang. Berikut adalah beberapa fungsi utamanya:

  1. Optimalisasi Ruang: Rak gudang dirancang dengan memanfaatkan ruang vertikal sehingga dapat menyimpan lebih banyak barang di area yang sama.
  2. Mengatur Penyimpanan Barang: Rak gudang dapat membantu dalam mengatur barang-barang secara sistematis dengan penempatan yang terorganisir, proses pencarian dan pengambilan barang menjadi lebih mudah.
  3. Keamanan Barang: Rak gudang dirancang dengan fitur keselamaran seperti penahan dan struktur yang stabil untuk memastikan barang-barang yang tersimpan dengan aman dan terhindar dari kerusakan.
  4. Efisiensi Operasional: Dengan akses yang mudah, proses operasional seperti penerimaan, penyimpanan dan pengambilan barang dapat dilakukan dengan lebih efisien sehingga mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk manajemen barang di gudang.
  5. Pengelolaan Inventaris: Rak gudang membantu dalam pengelolaan stok dan inventaris dengan lebih baik. Dengan rak yang terorganisir, pelacakan barang menjadi lebih akurat, membantu dalam pengendalian persediaan dan mengurangi risiko kehabisan stok atau kelebihan stok.

(Related: Lihat Daftar Harga Rak Gudang dan Dapatkan keuntungan lainnya dari Kotakpensil.com)

Jenis-Jenis Rak Gudang

  1. Medium Duty: Jenis rak gudang ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, tetapi tidak kecil. Mampu menampung beban hingga lebih dari satu ton.
  2. Heavy Duty: Jenis rak gudang ini memiliki tingkat kekokohan yang besar sehingga dapat dijadikan untuk menyimpan berbagai jenis barang.
  3. Light Duty: Jenis rak ini memiliki ukuran yang kecil dan ramping. Jika Anda memiliki bisnis rumahan atau industri kecil, rak light duty bisa menjadi solusi penyimpanan yang ideal.
  4. Rak Besi Siku Lubang: Jenis rak ini mempu menampung kapasitas hingga 200 kg. Selain digunakan oleh pelaku usaha, rak ini juga sering dimanfaatkan di perkantoran.
  5. Rak Slotted Angle: Jenis rak ini memiliki ukuran yang sama dengan rak light duty, namun tampil lebih kuat dengan rata kapasitas 50-100 kg.

Standar Tinggi Rak Gudang

Penggunaan rak sebagai tempat penyimpanan bertujuan untuk menyimpan barang-barang dengan berat dan ukuran yang umumnya ringan hingga sedang. Terdapat berbagai ukuran rak yang paling umum digunakan.

Ukuran tinggi rak gudang dapat disesuaikan untuk memenuhi permintaan dam standar gudang. Ketinggian rak bisa disesuaikan dengan tinggi plafon, kapasitas vertikal yang dibutuhkan dan peralatan transportasi yang akan digunakan seperti forklift.

Dalam skala industri, tinggi rak standar yang umum digunakan antara lain 2-6 meter. Ketinggian rak ini sering kali membutuhkan modifikasi agar sesuai dengn langit-langit dan kapasitas yang diperlukan.

Rak Besi ALBA SR-4
Rak Besi ALBA SR-4

Selain itu, dimensi standar memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan ruang. Jika mampu memenuhi standar yang ada, Anda dapat memanfaatkan ruang dengan lebih baik dan menghindari pemborosan yang tidak perlu.

Karena ruang biasanya terbatas, dimensi yang seragam memungkinkan penataan rak penyimpanan secara efektif. Namun, Anda tetap bisa memiliki rak dengan dimensi berbeda.

Dengan banyaknya pilihan ukuran rak gudang, mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih rak gudang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih bingung untuk menentukan ukuran rak gudang yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Anda bisa menghubungi cs kotakpensil.

Harga Rak Gudang

Harga rak gudang berbeda-beda berkisar dari harga 1 Jt hingga di atas 3 Jt. Harga rak gudang tergantung pada ukuran yang Anda pilih.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih rak gudang yang Anda inginkan. Gunakanlah Filter dengan menggeser filter ke harga yang Anda inginkan, seperti gambar di bawah ini.

(Related: Daftar Harga Rak Gudang)

Kesimpulan

Rak gudang merupakan tempat penyimpanan yang khusus yang dirancang untuk gudang dan pusat industri yang digunakan untuk menyimpan barang dalam jumlah besar sambil memaksimalkan penggunaan ruang vertikal dan horizontal. Ada beberapa jenis-jenis rak gudang yaitu medium duty, heavy duty, light duty, rak besi siku lubang dan rak slotted angle. Dengan berbagai kegunaan dan jenis, rak gudang membantu meningkatkan efisiensi penyimpanan dan pengambilan barang, serta memaksimalkan penggunaan ruang di gudang.

Toko Pen- Jual Rak Gudang

Ada banyak toko penjual rak gudang, baik yang berbadan hukum resmi maupun yang tidak resmi, silahkan pilih toko yang cocok untuk Anda. Namun, jika Anda penasaran dan ingin melihat langsung unit contoh rak gudang, mengapa tidak datang saja ke kotakpensil di daerah Jakarta Barat. Alamat Kotakpensil: Google Maps Kotakpensil

Kotakpensil sudah bekerja sama dengan ALBA untuk menyediakan 1 unit contoh yang dapat Anda lihat dan Anda pelajari cara kerjanya.

Showroom Kotakpensil.com
Showroom Kotakpensil.com

Mengapa – Beli Rak Gudang ALBA di Kotakpensil ?

Kotakpensil dijamin aman, karena

  1. Berbadan hukum resmi (PT. Kotakpensil Bisnis Solusi, NIB No.: 9120314072392) dan juga Dealer Resmi ALBA (Lihat surat penunjukan dealer dari ALBA). Ini juga menjelaskan mengapa harga Kotakpensil.com sangat murah dan Kotakpensil bisa kirim cepat.
  2. Harga murah sudah termasuk PPN. Di toko lain, harga yang dipajang belum termasuk PPN.
  3. Toko lain tidak bisa Anda kunjungi, bahkan alamat pun tidak ada. Kotakpensil alamatnya lengkap dan bisa Anda kunjungi. Bahkan ADA SHOWROOM ALBA. Datang dan lihat langsung unit contoh Rak gudang di Kotakpensil. Seeing is believing!

Chat Kotakpensil Sekarang!

Buat janji untuk melihat unit contoh di showroom, permintaan quotation, pertanyaan lain, Chat CS kami sekarang!

  • WA : 081.286.405.800
  • WA : 081.388.111.815
  • Telkom: 021 – 294-1111-0 (Hunting)
  • Alamat Kotakpensil: Google Maps Kotakpensil.
Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Free Ongkir*, Free Pemasangan* Atau Pertanyaan Apapun