Apa itu Mesin jilid ? Jenis ,Merek, Harga dan Fungsinya

Tahukah Anda dengan pengertian dan fungsi Mesin jilid ? Anda pasti pernah menjilid buku Anda pada saat duduk di bangku sekolah  untuk membuat to do list atau pada saat Anda harus membuat laporan di kantor. Mesin jilid ini Sangat  populer dalam industri percetakan. Saat ini terdapat banyak jenis mesin jilid buku yang banyak dijumpai di pasaran. Lalu apa sih sebernarnya mesin jilid itu? Simak artikel berikut ini.  

Apa Itu Mesin jilid ?

Mesin Jilid Spiral Kawat GEMET 31 WAO
Mesin Jilid Spiral Kawat GEMET 31 WAO

Mesin Jilid merupakan alat yang digunakan untuk menjilid lembaran-lembaran kertas yang sejenis untuk menjadi sebuah buku-buku dan sebagainya. Dan menjilid sendiri merupakan kegiatan menyusun atau menyatukan beberapa lembar kertas untuk dibentuk menjadi satu buah buku yang rapi sehingga mudah digunakan dan disimpan.

Fungsi Mesin Jilid

Mesin jilid berfungsi untuk membuat kumpulan dokumen atau kertas menjadi lebih mudah disimpan dan melindungi lembaran-lembaran kertas menjadi sebuah buku atau dokumen yang utuh dan kokoh. Mungkin jika kumpulan kertas hanya beberapa lembarnya saja penggunaan paper clip sudah dirasa cukup. Namun, menjilid menjadi solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk menyatukan lembaran kertas atau dokumen, apalagi jika kertas tersebut cukup tebal.

  

Cara Memilih Mesin jilid

Sewaktu Anda memilih Mesin Jilid, langkah penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menghasilkan hasil jilid yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa tips dari Kotakpensil.com: 

A. Jenis Mesin Jilid

Jenis mesin jilid yang akan Anda baca berikut ini memang tidak harus dimiliki semuanya. Anda bisa memilih beberapa yang paling penting untuk melengkapi kebutuhan di kantor. Setidaknya ada beberapa jenis mesin jilid yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Mesin Jilid Spiral Kawat

Mesin Jilid Spiral Kawat GEMET 31 WFO

Mesin jilid Spiral Kawat merupakan mesin jlid yang menggunakan spiral kawat yang dapat membuat dokumen yang dijilid memiliki penampilan yang terlihat lebih rapi dan profesional banyak di gunakan untuk pembuatan booklet,notebook hingga kalender,cocok untuk yang mempunyai usaha percetakan.

Kelebihan lain dari menjilid dengan spiral kawat yatu bisa dibuka dengan sempurna tanpa takut bagian buku sober atau terlepas. Kekurang dari mesin jilid spiral kawat ini yaitu harganya yang relatif mahal dan perlu mempelajari mesin dengan baik. Spiral kawat juga susah dibuka kembali jika sudah dijilid, jadi jika Anda ingin menambah kertas, Anda harus merusak spiral kawat tersebut.

Di kotakpensil.com kami bisa menemukan mesin jilid double kawat Mesin Jilid Spiral Kawat Double (2:1 dan 3:1)

2. Mesin Jilid Spiral Plastik

Mesin Jilid Spiral Plastik GEMET 24 H Mesin jilid Spiral Plastik merupakan mesin jlid yang menggunakan spiral plastik yang memiliki harga lebih murah jika dibandingkan deng spiral kawat. Dengan spiral plastik dapat menjilid langsung sampai 450 lembar dan mudah dikurangi ataupun ditambah tanpa merusak spiral.

Kelebihan dari metode jilid ini adalah fleksibilitasnya, karena dokumen yang diikat menggunakan spiral plastik dapat dibuka hingga 360 derajat dan dilipat tanpa merusak ikatannya.

Kekurangan dengan menjilid menggunakan spiral plastik yaitu terkesan biasa dan tidak terlalu awet jika dibandingkan dengan spiral kawat. Selain itu, warna spiral plastik yang bervariasi memungkinkan untuk memilih kombinasi yang sesuai dengan tampilan dokumen atau preferensi desain.

Jika kamu ingin menjilid spiral kawat dan plastik kamu bisa  kunjungi Mesin Jilid Spiral Plastik dan Kawat

3. Mesin Jilid Lem

  Mesin Jilid Buku Lem Panas INNOVATEC F4 Mesin Jilid Lem merupakan jenis mesin jilid yang paling sering digunakan, dimana kertas-kertas dijadikan satu dengan menggunakan lem yang bersuhu panas. Dengan menggunakan mesin jilid lem dalam satu jamnya bisa menghasilkan 160 buah buku. Namun untuk pemanasan awal akan memakan waktu sekitar 10 sampai 30 menit agar lem tersebut dapat benar-benar panas.

b. Ukuran kertas 

Bagi Anda yang ingin menggunakan Mesin Jilid, alangkah baiknya Anda mengetahui ukuran kertas dan jangan sampai Anda membeli mesin yang salah karena tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mesin binding mempunyai beberapa ukuran, seperti; A4, F4 dan A3. Untuk ukuran A3 Anda bisa menggunakan mesin jilid ukuran A4, oppsss .. tapi jangan sampai salah ya, karena tidak semua ukuran F4 bisa digunakan untuk ukuran A3. 

C. Hasil Lubang 

Mesin binding mempunyai hasil lubang kotak, bulat dan persegi panjang. Untuk lubang kotak dan bulat hanya terdapat di Mesin jilid spiral kawat, sedangkan untuk lubang persegi panjang terdapat di Mesin jilid spiral plastik.

D. Pitch Mesin Jilid

Pitch Mesin Jilid merupakan jarak antar lubang ke lubang lainnya. Pitch terbagi menjadi 2, yaitu;

Kapasitas jilid untuk pitch 3:1 yaitu 10 lembar – 25 lembar, sedangkan pitch 2:1 kapasitas jilidnya yaitu 125 lembar – 220 lembar. Jika Anda ingin menggunakan keduanya, Anda bisa menggunakna Mesin Jilid Spiral Kawat Double.

Related: Mesin Jilid Spiral Kawat Double (2:1 dan 3:1)

E. Pengaturan Lubang

Tidak semua mesin jilid mempunyai pengaturan lubang, ada mesin yang lubangnya dapat di atur dan ada juga yang tidak dapat diatur. Jadi jika ada beberapa cara lubang yang tidak ingin dilubangi Anda tinggal menarik sedikit pada bagian pelubangan mesin jilid.

Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa lihat di Panduan memilih Mesin Jilid.

Mesin Jiid Terpopuler 2023

Mesin Spiral Kawat Double GEMET 200 FO (3:1 & 2:1, F4)

Meskipun telah banyak merek yang berdatang, tapi setiap merek pasti memiliki karakterisitik tersendiri sehingga menjadi poin plus ataupun kekuatan bagi mereka untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, Kotakpensil.com telah merangkumnya di bawah ini dalam daftar mesin jilid yang banyak terjual  tahun 2023 :

Relate: Mesin Jilid Terbaik Tahun 2023     

Cara Merawat Mesin Jilid

Untuk melakuakn perawatan pada mesin jilid bukanlah hal yang mudah dilakukan dengan sembarangan. Karena jika melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan benar maka mesin yang Anda memiliki mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa melakuakn pada beberapa hal yang ada di bawah ini untuk melakukan perawatan mesin jilid atau binding yang Anda punya, yaitu sebagai berikut:

  • Bersihkan pada seluruh permukaan yang ada pada mesin agar tidak berkarat yang bisa mengganggu pekerjaan Anda.
  • Bersihkan pada tempat laci di bagian sisa kertas secara rutin dan membersihkan sisa kotoran setelah menjilid dokumen Anda.
  • Untuk tabung yang digunakan untuk menempatkan lem maka ada baiknya jika Anda menutupnya dan jangan sampai pada bagian ini terkena debu. Tujuannya agar lem dapat menempel dan merekat pada dokumen yang dijilid.
  • Jangan lupa untuk memberikan pelumas apabila diperlukan agar mesin tetap berjalan dengan baik supaya saat menyalakan mesin, mesin tidak macet dan tidak menghambat pekerjaan Anda.

 

Merek Mesin Jilid

Beberapa merek mesin jilid terbaik yang dijual Kotakpensil.com – toko Alat Kantor bergaransi resmi. Setiap merek memiliki keunggulannya masing-masing salah satunya bergaransi resmi dan memiliki berbagai model dan variasi mesin jilid, jadi pastikan Anda melakukan riset lebih lanjut untuk menemukan model yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda Berikut beberapa merk mesin jilid yang dijual di Kotakpensil.com. Klik links dibawah ini untuk melihat produk yg mungkin cocok dengan kebutuhan kantor Anda:

Related: Lihat Semua Merk Mesin Jilid Disini

Harga Mesin Jilid

Harga Mesin Jilid berbeda-beda berkisar dari harga 700rb hingga di atas 1 Jt   Harga Mesin jilid tergantung pada merek, model,jumlah kertas masuk,volume bak penampung ,hasil potongan dan kualitas mesin.   Untuk memudahkan Anda dalam memilih Mesin Penghancur Kertas yang Anda inginkan. Gunakanlah Filter dengan memilih kisaran harga atau menggeser filter ke harga yang Anda inginkan, seperti gambar di bawah ini. Langsung klik link ini kotakpensil.com

Kesimpulan

Mesin Jilid merupakan alat yang digunakan untuk menjilid lembaran-lembaran kertas yang sejening untuk menjadi sebuah buku-buku dan sebagainya. Peralatan yang penting dalam industri percetakan, kantor, dan berbagai lingkungan kerja lainnya. Dan menjilid sendiri merupakan kegiatan menyusun atau menyatukan beberapa lembar kertas untuk dibentuk menjadi satu buah buku yang rapi sehingga mudah digunakan dan disimpan. Dapatkan Mesin Jilid untuk berbagai keperluan  anda pada situs belanja Kotakpensil.com dengan harga murah  dan promo yang menarik serta ongkos kirim gratis dan juga garansi resmi dan Bisa PPN .  

Toko Pen – Jual Mesin Jilid

Ada banyak toko penjual Mesin Jilid,baik yang berbadan hukum resmi maupun yang tidak resmi, silahkan pilih toko yang cocok untuk Anda. Namun, jika Anda penasaran dan ingin melihat langsung unit contoh  Mesin J, mengapa tidak datang saja ke kotakpensil di daerah Jakarta Barat. Alamat Kotakpensil: Google Maps Kotakpensil Kotakpensil  Geratis  training dan  dapat video Cara pemakianya atau bisa  Kunjungi ke toko kami untuk melihat  contoh Mesin Jilidnya.

 

Chat Kotakpensil Sekarang!

Buat janji untuk melihat unit contoh di showroom, permintaan quotation, pertanyaan lain, Chat CS kami sekarang! WA : 081.286.405.800 WA : 081.388.111.815 Telkom: 021 – 294-1111-0 (Hunting) Alamat Kotakpensil: Google Maps Kotakpensil.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Free Ongkir*, Free Pemasangan* Atau Pertanyaan Apapun