Kelebihan dan Kekurangan Mesin Absensi Sidik Jari

Mesin absensi sidik jari merupakan sebuah mesin fingerprint yang memang wajib ada dalam sebuah kantor pada umumnya. Mesin Absensi Sidik Jari juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kah itu? Simak artikel dibawah ini.

Kelebihan Mesin Absensi Sidik Jari

1. Menghindari Kecurangan

Absensi manual biasanya rawan terjadi kecurangan seperti menitip absen (baik itu dalam bentuk tanda tangan atau juga kartu absensi) ketika karyawan tersebut membolos atau datang terlambat.

Namun, ketika perusahaan tersebut menggunakan mesin absensi sidik jari, maka para karyawan tidak dapat melakukan beberapa kecurangan seperti memalsukan data kehadiran serta datang terlambat karena mereka sendiri yang harus melakukan proses verifikasi dengan menggunakan sidik jari mereka masing-masing.

2. Produktivitas karyawan meningkat

Image result for Produktivitas karyawan meningkat

Mengaplikasikan mesin fingerprint pada sebuah perusahaan dapat mendisipilinkan karyawan secara tidak langsung dan akan lebih bijak dalam menghargai waktu untuk bekerja karena mereka dituntut untuk datang tepat waktu karena data kehadiran mereka telah terekam dalam mesin fingerprint sehingga keterlambatan dapat mempengaruhi penilaian terhadap mereka.

Disisi lain, ketika karyawan hadir tepat waktu di kantor, maka secara otomatis produktivitas merek meningkat karena para karyawan memiliki banyak waktu untuk bekerja.

3. Pengelolaan data lebih mudah

Image result for Pengelolaan data absen lebih mudah

Pengelolaan data yang mudah membuat mesin fingerprint dinilai lebih menguntungkan. Mesin absensi ini dapat memudahkan para HRD untuk mengolah data sidik jari yang telah terkumpul karena software dari mesin sudah terhubung dengan komputer sehingga laporan data dibuat dengan mudah.

4. Dapat menekan dana pengeluaran fiktif karyawan

Membeli sebuah mesin absensi fingerprint dianggap sebagai sebuah pemborosan bagi beberapa perusahaan karena harganya yang mahal.

Akan tetapi, ketika sebuah perusahaan menggunakan mesin ini justru dapat menekan atau bahkan menghilangkan pengeluaran fiktif yang dilakukan karyawan seperti uang lembur, bonus.

Selain itu, perhitungan gaji dapat lebih akurat karena dihitung melalui kehadiran para karyawan melalui data pada mesin absensi tersebut.

Kekurangan Mesin Absensi Sidik Jari

1. Membutuhkan perawatan yang rutin

Perawatan secara rutin dibutuhkan agar mesin absensi dapat bekerja secara maksimal. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar bagian scanner berfungsi secara baik dan juga mengihindari terjadinya penurunan sistem dari scanner tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar scanner tetap bersih dan juga untuk membersihkannya pun tidak boleh sembarangan.

2. Sering terjadi kesalahan dalam proses identifikasi

Selain membutuhkan perawatan yang rutin, kelemahan lain dari mesin absensi sidik jari adalah seringnya terjadi kesalahan pada saat pemindaian. Masalah ini terjadi dikarenakan mesin tidak dapat mendeteksi sidik jari ketika bagian scanner dalam kondisi kotor atau terdapat banyak bekas sidik jari yang menempel sebelumnya. Tak hanya itu,  ketika bagian scanner basah karena sering terkena keringat atau juga scanner terpapar cahaya secara langsung, maka kinerjanya akan semakin menurun sehingga proses absensi akan cukup sulit untuk dilakukan.

Kesimpulan & Rangkuman

Mesin Absensi adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kehadiran karyawan.

Jika Anda ingin melihat Mesin Absensi apa saja yang ada di website Kotakpensil.com, silahkan klik links Daftar Harga Mesin Absensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Free Ongkir*, Free Pemasangan* Atau Pertanyaan Apapun