Pengertian Timbangan Digital, Fungsi dan Jenisnya

Tahukan Anda dengan pengertian dan fungsi timbangan digital? Mesin Stensil biasanya dipakai di sekolah, kantor dan pabrik. Tetapi, kalau Anda tidak begitu mengerti tentang apa itu timbangan digital, tenang saja Kotakpensil.com akan menjelasakan semuanya tantang pengertian timbangan digital dan fungsinya. Baca sampai akhir untuk mengerti semua tentang timbangan digital.

Apa Itu Timbangan Digital?

Timbangan Digital merupakan perangkat yang digunakan untuk mengukur berat suatu objek dengan menggunakan teknologi digital. Timbangan ini menggantukan timbangan analog tradisional yang mengguanakan jarum dan skala dengan layar digital untuk menunjukan hasil pengukuran berat objek. Timbangan digital menggunakan sensor, procesor, dan tampilan digital untuk memberikan hasil yang akurat dan mudah dibaca.

Fungsi Timbangan Digital

Fungsi timbangan digital yang paling banyak untuk menimbang barang dagangan. Para penjual di Indonesia kini sudah banyak yang menggunakan timbangan digital untuk menghitung berat dari barang dagangannya.

Dengan menggunakan timbangan digital hasil perhitungan sangat akurat dan presisi, sehingga kecurangan para pedagang akan semakin barang. Kemudahan yang diberikan oleh timbangan digital juga termasuk daya tarik yang membuat para pedagang lebih memilih timbangan digital.

 

Jenis-jenis Timbangan Digital

Jenis Timbangan Digital yang akan Anda baca berikut ini memang tidak harus dimiliki semuanya. Anda bisa memilih beberapa yang paling penting untuk melengkapi kebutuhan di kantor. Setidaknya ada beberapa jenis Timbangan Digital yang bisa Anda pilih, yaitu:

 

1. Timbangan Buah

Timbangan buah merupakan timbangan khusus yang digunakan untuk menimbang buah-buahan. Biasanya timbangan ini digunakan di pasar buah, toko klontong, supermarket dan dapur rumah tangga untuk membantu dalam mengukur berat buah-buahan dan lebih akurat dan memberi informasi yang diperlukan kepada penjual atau pembeli.

Related: Daftar Harga Timbangan Buah

2. Timbangan Duduk

Timbangan duduk merupakan timbangan yang menimbang dalam keadaan duduk yang bisa dilihat di toko-toko bahan kue, roti, sembako bahkan ada juga pedagang buah.

Related: Daftar Harga Timbanga Duduk

3. Timbangan Gantung

Timbangan Gantung Digital DIGI DS 676 H

Timbagan Gantung merupakan timbangan yang dirancang untuk menimbang benda dengan menggantungkannya dari suatu titik atau tali. Biasanya timbangan ini umumnya digunakan untuk menimbang benda yang lebih besar atau tidak dapat ditempatkan di atas timbangan.

Related: Daftar Harga Timbangan Gantung

4. Timbangan Hewan

Timbangan Hewan merupakan timbangan khusus yang dirancang untuk menimbang hewan yang banyak digunakan di perternakan dan industri kesahatan hewan. Pemilihan timbangan hewan yang tepat tergantung pada jenis hewan yang akan ditimbangan dan kebutuhan terntentu. Beberapa type timbangan hewan dilengkapi dengan kandang yang dirancang khusu untuk menimbang hewan besar, seperti sapi atau kuda.

Related: Daftar Harga Timbangan Hewan

5. Timbangan Lantai

Timbangan Lantai merupakan timbangan yang dirancang untuk menimbanga benda-benda besar atau berar yang dapat ditempatkan atas permukaan timbangan. Biasanya timbangan lantai digunakan di berbagai industri manufaktur, gudang, pertanian atau pusat distribusi. Ketika memilih timbangan lantai, penting untuk mempertimbangkan kapasitas yang dibutuhkan, akurasi dan fitur tambahan yang dapat meningkatkan efisiensi dan keadalan pengukuran.

Related: Daftar Harga Timbangan Lantai

6. Timbangan Pallet

Timbangan Pallet merupakan jenis timbangan yang dirancang khusus untuk menimbang palet atau barang yang ditempatkan diatasnya. Timbangan Pallet umumnya digunakan di gudang dan pusat distribusi untuk mengukur berat barang yang diangkut dengang menggunakan pallet. Ketika memilih timbangan pallet, perhatikan kebutuhan kapasitas dan lingkungan kerja yang spesifik untuk memastikan sesuai dengan aplikasi yang diinginkan.

Related: Daftar Harga Timbangan Pallet

Merk Timbangan Digital

Beberapa merk Timbangan Digital terbaik yang dijual Kotakpensil.com – toko Alat Kantor bergaransi resmi. Setiap merek memiliki keunggulannya masing-masing salah satunya bergaransi resmi.

Berikut beberapa merk Timbangan Digital yang dijual di Kotakpensil.com. Klik links dibawah ini untuk melihat produk yg mungkin cocok dengan kebutuhan kantor Anda:

(Related : Jangan Sampai ketipu! Ini merk-merk timbangan digital yang dijual di Indonesia)

 

Timbangan Digital Terbaik

Meskipun telah banyak merek yang berdatang, tapi setiap merek pasti memiliki karakterisitik tersendiri sehingga menjadi poin plus ataupun kekuatan bagi mereka untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, Kotakpensil.com telah merangkumnya di bawah ini dalam daftar timbangan digital terbaik:

Related: 5 Timbangan Digital Terbaik

Cara Memilih Timbangan Digital

Berhati-hatilah jika Anda ingin memilih timbangan digital yang akan Anda pilih. Pilihlah timbangan digital yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa hal yang perhatikan dalam memilih timbangan digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Pahami apa kebutuhan Anda karena banyak jenis timbangan digital di pasaran, mulai dari timbangan untuk mengukur berat badan manusia/hewan, emas, hingga makanan. Tak hanya itu, bentuk timbangannya pun bisa beraneka ragam, dari yang digantung, duduk, maupun yang diletakkan di atas lantai.
  • Perhatikan kualitas bahannya, karena memerhatikan kualitas bahan timbangan yang Anda beli adalah hal yang wajib. Pastikan timbangan yang akan Anda memiliki memiliki kualitas tinggi dan terbaik.
  • Kapasitas timbangan lebih besar dari kebutuhan, karena penyebab timbangan Anda cepat rusak adalah beban yang ditimbang melebihi kapasitas timbangan itu sendiri. Nah, agar timbangan Anda awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya pilihlah timbangan yang kapasitasnya 50 persen lebih besar dari beban maksimal yang bisa diukurnya.
  • Pastikan kalau timbangan yang Anda beli sudah terkalibrasi. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya timbangan Anda tetap akurat. Biasanya timbangan yang sudah terkalibrasi memiliki segel atau stempel dari badan metrologi.

Related: Jual Timbangan Digital Sudah Terkalibrasi

Kesimpulan

Timbangan digital merupakan alat untuk mengukur suatu berat atau beban maupun massa pada suatu barang. Timbangan digital mudah untuk dibaca karena memiliki layar LED yang menunjukan besarnya angka sehingga untuk membaca ukuran berat tidak menjadi masalah.

Fungsi timbangan digital yang paling banyak untuk menimbang barang dagangan. Para penjual di Indonesia kini sudah banyak yang menggunakan timbangan digital untuk menghitung berat dari barang dagangannya.

 

Toko Pen – Jual Timbangan Digital

Ada banyak toko penjual timbangan digital, baik yang berbadan hukum resmi maupun yang tidak resmi, silahkan pilih toko yang cocok untuk Anda. Namun, jika Anda penasaran dan ingin melihat kantor Kotakpensil.com, mengapa tidak datang saja ke kotakpensil di daerah Jakarta Barat. Alamat Kotakpensil: Google Maps Kotakpensil

Showroom Kotakpensil
Showroom Kotakpensil

Chat Kotakpensil Sekarang!

Buat janji untuk melihat unit contoh di showroom, permintaan quotation, pertanyaan lain, Chat CS kami sekarang!

WA : 081.286.405.800

WA : 081.388.111.815

Telkom: 021 – 294-1111-0 (Hunting)

Alamat Kotakpensil: Google Maps Kotakpensil.

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Free Ongkir*, Free Pemasangan* Atau Pertanyaan Apapun