Pengertian Mesin Fotocopy

Pada umumnya, pemahaman fotocopy ialah sistem membuat tiruan atau salinan document pada kertas menggunakan proses pencahayaan.

Mungkin beberapa orang belum tahu pengertian mesin fotocopy dan bagaimana cara kerja dari mesin tersebut. Memahami fungsi dan cara kerjanya merupakan hal penting, terutama untuk Anda yang tertarik dengan bisnis fotocopy.

Berikut pembahasan mengenai pengertian mesin Fotocopy, fungsi dan cara kerja mesin ini. Mesin fotocopy yang besar sudah sering ditemui di tempat-tempat fotokopi dan percetakan.

Apa itu Mesin Fotocopy

Mesin Fotocopy merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk membuat salinan dokumen ke media kertas menggunakan laser printer dengan mengandalkan aliran listrik statis.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat fungsi mesin fotocopy bukan hanya untuk alat penggandaan dokumen saja. Saat ini, mesin fotocopy memiliki banyak fungsi. Mulai dari penggandaan dokumen, mencetak gambar, pemindai dokumen dan lain sebagaianya.

Related: Pengertian Mesin Jilid

Fungsi Mesin Fotocopy

Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan adanya mesin fotocopy. Berikut ini merupakan beberapa kegunaan mesin fotocopy yang belum banyak orang tahu.

1. Menyalin Dokumen

Fungsi utama mesin fotocopy yaitu untuk menyalin dokumen, baik berwarna maupun monochrome. Mesin fotocopy pada zaman sekarang sudah memiliki fitur canggih, yaitu mampu untuk melakukan penggandaan dokumen bolak-balik otomatis.

2. Pemindaian Dokumen

Selain untuk menyalin dokumen, mesin fotocopy juga memiliki fungsi untuk scan atau pemindaian dokumen. Jadi, Anda dapat memindai dokumen yang akan diubah menjadi format JPG ataupun PDF.

3. Mail Box

Fungsi mesin fotocopy selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk mailbox. Pada fitur ini memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan master dokumen yang disalin. Jadi, mailbox akan mengandalkan memory yang dimiliki oleh mesin fotocopy. Semakin besar kapasitas memory, maka semakin besar pula jumlah mailbox yang dapat disimpan.

4. Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Teks maupun Gambar

Fungsi mesin fotocopy juga dapat mengatur ukuran dokumen menjadi besar maupun kecil. Jadi, jika Anda ingin meng-copy dokumen yang memilki teks terlalu kecil, Anda bisa memperbesar ukuran teks terlebih dulu sebelum mencetak.

5. Fax

Saat ini, mesin fotocopy juga sudah bisa digunakan untuk menerima dan mengirim fax. Mesin yang sebelumnya sudah terhubung dengan saluran telepon, dapat digunakan untuk mengirim dokumen jarak jauh.

Related: Kegunaan Filling Cabinet

Jenis-Jenis Mesin Fotocopy

Jenis-Jenis mesin fotokopi umum dilihat berdasarkan ukuran mesin fotocopy. Mesin foto kopi dapat dibedakan jadi tiga jenis, diantaranya mesin fotocopy kecil (portable), dan mesin photocopy besar.

1. Mesin Fotocopy Kecil (Portable)

Mesin Fotocopy KYOCERA TASKalfa TA 2320

Mesin fotocopy kecil (Mesin fotocopy portable) memiliki ciri-ciri mudah dibawa kemana-mana dan memiliki kecepatan dalam menyalin 5-10 lembar / menit, untuk ukuran kertas A4.

Related: Daftar Harga Mesin Fotocopy Kecil

2. Mesin Fotocopy Besar

Mesin Fotocopy KYOCERA TASKalfa 4053 ci

Mesin fotocopy besar yang memiliki berat lebih 70 kg kecepatan dalam menyalin minimal 3 lembar / menit dan dapat memperbesar dan memperkecil dokumen sertas menggandaan kertas berwarna dan dilengkapi alat sortir untuk papan dokumen otomatis.

Related: Daftar Harga Mesin Fotocopy Besar

Merk Mesin Fotocopy

Beberapa merk Mesin Fotocopy terbaik yang dijual Kotakpensil.com – toko Alat Kantor bergaransi resmi. Setiap merek memiliki keunggulannya masing-masing salah satunya bergaransi resmi.

Berikut beberapa merk Mesin Fotocopy yang dijual di Kotakpensil.com. Klik links dibawah ini untuk melihat produk yg mungkin cocok dengan kebutuhan kantor Anda:

  1. Mesin Fotocopy KYOCERA
  2. Mesin Fotocopy CANON
  3. Mesin Fotocopy TOSHIBA
  4. Mesin Fotocopy DEVELOP

Related: Jangan Sampai ketipu! Ini merk-merk Mesin Fotocoy yang dijual di Indonesia

Mesin Fotocopy Terbaik

Mesin Fotocopy KYOCERA ECOSYS M2540dn

Meskipun telah banyak merek yang berdatang, tapi setiap merek pasti memiliki karakterisitik tersendiri sehingga menjadi poin plus ataupun kekuatan bagi mereka untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, Kotakpensil.com telah merangkumnya di bawah ini dalam daftar Mesin Fotocopy terbaik:

  1. Mesin Fotocopy KYOCERA ECOSYS M2540dn
  2. Mesin Fotocopy KYOCERA ECOSYS M 4125 idn
  3. Mesin Fotocopy KYOCERA ECOSYS M2640idw
  4. Mesin Fotocopy KYOCERA TASKalfa 4053 ci
  5. Mesin Fotocopy KYOCERA TASKalfa TA 2320

Related: 5 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan mesin fotocopy adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol ON untuk menyalan mesin fotocopy
  2. Letakkan kertas yang Anda salin di atas kaca yang menjadi area fotocopy. Jangan lupa sesuaikan posisi kertas secara lurus dengan memastikan bawha pinggiran kertas bagian atas ada pada garis skala dan posisi kertas pas di tengah agar hasil fotocopy rapi.
  3. Tekan tombol paper select, kemudian atur ukuran kertas apa yang akan digunakan.
  4. Tekan tombol angka untuk mengatur berapa banyak lembar yang digunakan.
  5. Tekan tombol start, lalu tunggu selama beberapa saat sampai mesin fotocopy selesai dan mengeluarkan kertas dengan hasil fotocopy.
  6. Jika mesin sudah selesai digunakan, matikan mesin fotocopy dengan menekan tombol off.

Cara Merawat Mesin Fotocopy

Berikut ini ada beberapa tips cara perawatan mesin fotocopy yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

  1. Bersihkan bagian luar mesin
  2. Hindari penggunaan kertas berukuran tebal
  3. Pastikan drum dan area kaca tetap bersih
  4. Cek kondisi regist roll secara berkala
  5. Jangan biarkan kertas menyangkut
  6. Gunakan tinta berkulitas sesuai tipe mesin

Kesimpulan

Mesin Fotocopy merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk membuat salinan dokumen ke media kertas menggunakan laser printer dengan mengandalkan aliran listrik statis.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat fungsi mesin fotocopy bukan hanya untuk alat penggandaan dokumen saja. Saat ini, mesin fotocopy memiliki banyak fungsi. Mulai dari penggandaan dokumen, mencetak gambar, pemindai dokumen dan lain sebagaianya.

Toko Paling Aman untuk beli Mesin Fotocopy

Kotakpensil.com

Kotakpensil.com menjual berbagai macam jenis Mesin Fotocopy dan tidak perlu khawatir karena :

  • Kotakpensil.com adalah spesialis kategori Mesin Fotocopy
  • Bisa PPN (hubungi cs kami untuk faktur pajak)
  • Garansi Resmi 1 Tahun
  • Tersedia after sales service (khusus pelanggan Kotakpensil)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Free Ongkir*, Free Pemasangan* Atau Pertanyaan Apapun